• 24 Tech Roqad st Ny 10023
  • Mon-Sat: 9am to 6pm

Tidak Sembarangan, Ini 5 Bahaya Perut Buncit yang Perlu Kamu Tahu!

 

Hmm, siapa sih yang suka punya perut buncit? Selain sering kali mengganggu penampilan, perut buncit juga ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan, loh. Mau tahu apa saja bahayanya? Yuk, cek pembahasan berikut!

 

  1. Kolesterol tinggi

Perut buncit merupakan pertanda adanya penimbunan lemak. Parahnya, lemak pada bagian perut bisa berubah menjadi asam lemak pada tubuh yang kemudian bisa menjadi penyebab munculnya kolesterol buruk dan kerusakan arteri. Nah, jika dua hal itu terjadi bersamaan dengan obesitas di bagian perut, berbagai penyakit, mulai dari tekanan darah tinggi, jantung, hingga stroke, bisa bermunculan.

 

  1. Tekanan darah tinggi

Selama ini, perut buncit sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang sepele. Namun, faktanya, perut buncit ini berkaitan erat dengan kenaikan tekanan darah. Sebab, perut buncit dipenuhi dengan lemak yang akhirnya dapat menyelimuti organ-organ dalam yang penting, seperti hati, ginjal, saluran pencernaan, dan jantung. Jadi, keberadaan lemak di dalam perut ini tidak hanya membuat perut makin besar, tetapi juga bisa memunculkan gangguan pada kelancaran aliran darah. Nah, kalau sudah begitu, jantung harus bekerja lebih keras guna mengalirkan darah. Akhirnya, terjadilah hipertensi alias tekanan darah tinggi.

 

  1. Diabetes tipe 2

Perut buncit ini ada kaitannya juga dengan diabetes. Lemak berlebih pada perut sebenarnya disebabkan oleh lemak visceral yang menumpuk, lalu diisi dengan kelebihan trigliserida. Lemak ini bisa menyebar ke berbagai oragn, seperti hati, pankreas, dan jantung. Nah, pankreas adalah organ yang memproduksi insulin, yakni hormon yang berfungsi untuk memasukkan gula dari dalam darah ke sel-sel tubuh untuk selanjutnya digunakan sebagai sumber energi.

Jika lemak terus menumpuk di pankreas, keseimbangan gula darah pun akan terganggu. Sebab, pankreas terus-menerus memproduksi insulin saat sel-sel lain tidak menggunakannya dengan benar. Akibatnya, sel menjadi tidak sensitif dan tidak menyerap glukosa sehingga terjadilan penumpukan glukosa. Itulah yang selanjutnya menjadi penyebab penyakit diabetes.

 

  1. Jantung dan stroke

Sudah tahu, bukan? Penumpukan lemak di dalam perut dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Tingginya tingkat kolesterol inilah yang selanjutnya dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Duh, bahaya sekali, bukan?

 

  1. Demensia atau pikun

Jangan anggap enteng, sebuah penelitian menyebutkan, jumlah lemak di dalam perut erat kaitannya dengan penurunan volume otak. Yup! Penurunan volume otak ini bisa menyebabkan berbagai penyakit otak, salah satunya adalah demensia atau pikun.

 

Bagaimana? Setelah tahu bahaya-bahayanya, masih tidak khawatir dengan perut buncit? Bagi kamu yang memiliki perut buncit, sekarang sudah saatnya berdiet. Daripada nanti-nanti dan akhirnya tidak jadi, lebih baik mulai program dietmu dari sekarang, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*