• 24 Tech Roqad st Ny 10023
  • Mon-Sat: 9am to 6pm

Bagaimana Sistem Metabolisme Bekerja Dalam Tubuh? Begini Prosesnya

Sistem metabolisme merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kamu bukan? Kamu pasti sudah mempelajari bagaimana sistem metabolisme bekerja dalam tubuh saat dibangku sekolah. Metabolisme diartikan sebagai kecepatan tubuh dalam mencerna, menyerap, dan mempercepat makanan untuk diubah menjadi energi. Metabolisme juga berperan dalam mengeksekusi kadar lemak dalam tubuh. Apabila sistem metabolisme dalam tubuhmu lambat, makanan yang kamu konsumsi akan berubah menjadi lemak. Sistem metabolisme setiap manusia berbeda-beda. Mungkin kamu sering melihat teman yang makan banyak tapi tidak gemuk. Hal itu dipicu oleh sistem metabolisme yang bisa memproses makanan yang dikonsumsi dengan cepat menjadi energi. Sehingga lemak tidak sempat berkembang biak. Nah, bagi kamu yang mungkin sistem

metabolismenya tidak cepat, sangat disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat secara teratur. Sebenarnya bagaimana sih proses dan sistem metabolisme dalam tubuh kita? Simak yuk ulasannya berikut ini. Pastinya informasi ini sangat berguna bagi kamu, agar tetap bisa menjaga  pola makan, sehingga bentuk tubuh yang ideal menjadi milikmu.

 

Proses Metabolisme Dalam Tubuh

 

Proses terjadinya metabolisme dalam tubuh dikarenakan oleh 3 faktor. Yang pertama disebut dengan metabolisme basal yang berkaitan dengan jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh. Energi ini merupakan tenaga utama kita untuk melakukan kegiatan  sehari-hari. Metabolisme basal akan terjadi apabila tubuh mampu menjaga organ penting agar tetap berfungsi dengan baik. Sebagai contoh, tubuh mampu mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas. Metabolisme Basal berperan sebanyak 70 persen dari proses metabolisme tubuh secara keseluruhan.

 

NEAT ( Non Exercise activity thermogenesis) 

 

Aktivitas non-latihan thermogenesis, sistem metabolisme ini berkaitan dengan semua kalori yang dibakar saat perasaan khawatir atau pun menggigil. Yang dimaksud dengan thermogenesis adalah produksi panas yang terjadi setelah makan, dan berperan dalam meningkatkan laju metabolik tubuh, yang bakalan memicu pengeluaran energi. Proses metabolisme ini menyumbangkan 20 persen dari seluruh sistem metabolisme dalam tubuh. Aktivitas manusia merupakan faktor selanjutnya yang mengakibatkan terjadinya proses metabolisme. Aktivitas yang dimaksud adalah dalam kegiatan atau pekerjaan sehari-hari dan olahraga. 

 

Beberapa Faktor Metabolisme Pada Tubuh

 

Dilansir dari situs kesehatan, ada beberapa faktor yang menentukan metabolisme dalam tubuh kita, Salah satunya adalah jenis kelamin. Dibandingkan wanita, pria memiliki masa otot yang lebih banyak .Apalagi untuk wanita yang sudah melahirkan, pastinya akan mengalami penurunan sistem metabolisme. Selain jenis kelamin, usia juga menjadi faktor yang mempengaruhi metabolisme loh. Metabolisme kita akan turun 50 persen setiap 10 tahun setelah usia 40 tahun. Karena manusia akan mengalami masa otot seiring dengan pertambahan usia. Berikutnya, keturunan dan berat badan juga menjadi faktor metabolisme. Apabila kamu memiliki keluarga yang kurus, kemungkinan kamu memiliki metabolisme yang sama dengan keluargamu. Nah, sementara berat badan yang besar lebih banyak massa otot dan membakar lebih banyak kalori dibandingkan orang kurus. Karena biasanya mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh?

 

Bagaimana caranya untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh? Metabolisme memiliki peranan yang sangat penting untuk membakar lemak dalam tubuh. Kamu harus mulai menerapkan pola hidup sehat agar metabolisme dalam tubuh meningkat. Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

 

Konsumsi Protein Dalam Jumlah Yang Banyak

 

Memulai Hidup sehat bisa kamu awali dengan mengkonsumsi protein. Protein berikut ini bisa mempercepat metabolisme dalam tubuh, seperti putih telur, daging rendah lemak, ikan, kacang maupun tahu. 

 

Mengkonsumsi Cairan Yang Sehat Secara Teratur

 

Sebagian besar tubuh kita dihuni oleh cairan. Selain mencegah dehidrasi, cairan juga berfungsi untuk memproses kalori. Mungkin kamu tidak tahu jika minuman dingin bisa sedikit mempercepat sistem metabolisme dalam tubuh, karena harus menggunakan energi untuk menghangatkan. Dan kamu juga harus mengkonsumsi air mineral secara rutin. 

 

Rutin Berolahraga

 

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sudah terbukti bisa meningkatkan metabolisme.Usahakanlah untuk rajin berolahraga setiap hari minimal 30 menit. Saat kamu olahraga, pastinya akan banyak lemak yang terbakar.  Semakin banyak  yang terbakar, semakin banyak pula karbohidrat dan lemak yang diproses tubuh melalui metabolisme.

 

Mengkonsumsi Teh Hijau Dan Vitamin B  

 

Kandungan kafein dalam teh hijau sangat baik untuk kesehatan, karena merupakan jenis kafein baik.Kafein yang baik mampu mempercepat metabolisme dalam tubuh, dan mengurangi berat badan. Selain Teh Hijau, Vitamin B juga mampu mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi, dan tentunya hal ini akan mempercepat proses metabolisme.

 

Begitulah kira-kira sistem metabolisme dalam tubuh. Jika kamu tipikal orang yang memiliki sistem metabolisme yang lambat, ada baiknya kamu menerapkan cara hidup sehat untuk mempercepat proses metabolisme. Sehingga tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh. Intinya kamu harus tetap menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan makanan dan selalu rutin olahraga setiap hari. Kesehatan salah satu harta yang paling berharga dalam kehidupan, oleh karena itu harus terus dijaga. Kamu tidak akan bisa melakukan apapun jika digerogoti berbagai penyakit. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*