• 24 Tech Roqad st Ny 10023
  • Mon-Sat: 9am to 6pm

Menerapkan Diet Sehat Tanpa Kalori Berlebih

Diet sudah pasti bukan hal asing bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah bahwa diet tampaknya tak akan berhasil jika kamu tak memperhatikan kadar konsumsi kalori dalam tubuh. Berat badan kita akan bertambah jika konsumsi kalori lebih banyak daripada kalori yang dibakar oleh tubuh. Mau tahu penjelasan lebih lanjutnya? Yuk, coba cek pembahasan berikut!

 

Coba Kenalan Dulu dengan Kalori

Melansir dari laman alodokter.com, kalori adalah takaran energi di dalam makanan. Secara sederhana, kalori akan dibakar oleh tubuh kita menjadi energi. Nah, jika ternyata konsumsi kalori kita lebih banyak daripada energi yang diperlukan tubuh, tentu akan ada banyak kalori yang tidak terpakai. Penumpukan kalori inilah yang bisa membuat badan makin melebar. Huh, payah deh!

 

Keperluan Kalori Bagi Tubuh

Tubuh kita membutuhkan energi dari kalori dalam makanan untuk dapat beraktivitas. Itulah sebabnya, meskipun sedang berdiet, kita harus tetap memenuhi keperluan kalori bagi tubuh kita. Umumnya, perempuan membutuhkan sekitar 1.600 hingga 2.400 kilokalori per hari. Sementara itu, laki-laki membutuhkan sekitar 2.000 hingga 3.000 kilokalori per hari. Namun, keperluan itu pasti berbeda pada setiap orang, bergantung pada tinggi badan, berat badan, massa otot, serta aktivitas yang dilakukan.

Keperluan kalori dalam tubuh ini bisa dipenuhi dengan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Namun, jelas, konsumsinya harus diatur supaya tidak sampai berlebihan. Sebagai informasi, setiap gram lemak biasanya mengandung 9 kalori, sedangkan tiap gram karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori.

Eits, hati-hati juga! Ada banyak makanna yang berkalori tinggi. Misalnya saja jenis minyak, seperti minyak yang diperoleh dari hasil ekstraksi daging sapi, minyak ikan, lemak babi, dan minyak sayur. Tahukah kamu? Dalam 13 gram sajian makanan tersebut, terkandung 117 kalori. Sementara itu, jenis minyak lain, seperti kedelai, kacang, kanola, zaitun, wijen, sawit, walnut, biji aprikot, dan hazelnut, mengandung 124 kalori dalam setiap 1 sendok makan. Tak hanya itu, cokelat hitam, alpukat, dan buah olahan juga mengandung banyak kalori, loh!

 

Cara Jitu Mengurangi Kalori Berlebih

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat berdiet, konsumsi kalori kita tidak boleh berlebihan. Untuk mengurangi konsumsi kalori berlebih, kita bisa melakukannya dengan mengurangi porsi makan. Tentu, setengah piring nasi mengandung kalori lebih sedikit daripada sepiring nasi penuh, bukan?

Selain itu, kita juga bisa mencoba mengganti makanan berkaori tinggi dengan makanan berkalori rendah. Misalnya saja, kita bisa mulai mengganti menu ayam goreng dengan ayam rebus dan sayur-mayur. Hindari juga makanan tinggi kalori tetapi rendah nustrisi seperti gorengan.

Terakhir, jangan pernah lupa untuk memperbanyak air putih. Mulai sekarang, usahakan untuk tidak meminum minuman yang mengandung banyak gula, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*