• 24 Tech Roqad st Ny 10023
  • Mon-Sat: 9am to 6pm

Mau Diet Sehatmu Sukses? Yuk, Coba Pahami Perihal Kalori Berikut Ini!

Kalori dapat diartikan sebagai takaran energi dalam makanan. Menjalankan program tanpa mengetahui perihal kalori mungkin bisa dikatakan sia-sia. Pasalnya, kalori sangat berpengaruh terhadap berat badan maupun kesehatan. Tidak percaya? Coba deh pahami dulu penjelasan berikut ini!

 

  1. Bahaya Kalori

Kalori sebenarnya berperan sebagai bahan bakar dalam tubuh kita. Namun, kalori yang membuat tubuh menjadi gemuk bukanlah mitos belaka. Faktanya, kalori berlebih bisa disimpan di dalam tubuh sebagai cadangan makanan. Oleh karena itu, kalori yang menumpuk di dalam tubuh akan menjadikan seseorang kelebihan berat badan. Jelas, mengonsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, stroke, penyakit jantung, hingga kanker. Duh, bahaya deh!

 

  1. Sumber Kalori

Ada beragam makanan yang bisa menjadi sumber kalori. Berikut adalah daftar beberapa makanan berkalori tinggi.

 

Cokelat hitam

Cokelat hitam memang lezat bukan main. Apalagi jika diberikan khusus oleh orang tersayang. Duh, makin nikmat tiada tara, deh! Sayangnya, dalam cokelat hitam yang mengandung 70 hingga 80 persen kakao, terkandung 167 kalori dalam setiap 28 gram sajiannya.

 

Olahan buah

Kamu yang sedang berdiet sebaiknya hindari jenis makanan yang satu ini, ya. Tak seperti buah segar, buah yang sudah diolah menjadi manisan atau bahkan jus biasanya mengandung lebih banyak kalori. Sebab, buah yang sudah diolah tersebut mengandung guka tambahan. Sebagai contoh, ceri kering mengandung 266 kalori, kismis 217 kalori, jus anggur 76 kalori, dan jus nanas 27 kalori.

 

Alpukat

Jangan salah, alpukat segar bisa mengandung 332 kalori dalam setiap 201 gram buah. Wah, kalau alpukatnya saja sudah mengandung begitu banyak kalori, apalagi jika sudah dibuat jus dan ditambah gula, ya? Nah, kamu yang sering mengonsumsi jus alpukat sebaiknya mulai berhati-hati dari sekarang. Jangan sampai konsumsi alpukat menghancurkan rencana dietmu.

 

  1. Cara Menghindari Konsumsi Kalori Berlebih

Kalori berlebih memang berbahaya bagi kesehatan. Bagi kamu yang sedang berdiet, kelebihan kalori juga bisa berakibat fatal pada dietmu. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak boleh makan sama sekali. Sebab, tubuh memerlukan kalori sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi.

Umumnya, orang membutuhkan 2.000 kalori per hari. Namun, jumlah tersebut dapat berbeda pada setiap orang, bergantung pada usia, jenis kelamin, massa otot, dan aktivitas harian. Jadi, sebelum berdiet, pastikan dulu kamu memahami kebutuhan kalorimu per hari. Untuk menghindari konsumsi kalori berlebih, kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari makan lebih banyak protein, menghindari minuman manis, memperbanyak konsumsi air putih, mengurangi asupan karbohidrat, dan berolahraga secara teratur. Olahraga sangat penting untuk menyeimbangkan kalori yang masuk dan keluar dari tubuh.

 

Itu dia penjelasan seputar kalori. Semoga bisa membantu program dietmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*